Monday, June 8, 2009

Resep Kue Dorayaki


DORAYAKI

adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi) yang bentuknya bundar sedikit tembam, terdiri dari dua lembar kue yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur yang lembut dan mirip dengan kue Jepang yang disebut Kastela karena adonan yang mengandung madu.

Di Indonesia, makanan penganan ini mulai diperkenalkan di Indonesia bersamaan dengan anime Doraemon. Tokoh robot Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki yang dijual di toko kue di Indonesia rasanya sudah disesuaikan dengan selera lokal seperti dorayaki berisi campuran coklat dan keju. Dorayaki juga dikenal di Indonesia dengan sebutan Obanyaki.

Di Jepang, Obanyaki lebih dikenal dengan nama Imagawayaki .Walaupun Obanyaki mempunyai bentuk yang hampir sama dengan Dorayaki, kue Obanyaki lebih tebal dibandingkan dengan Dorayaki. Obanyaki juga biasanya dipanggang di depan pembeli sedangkan Dorayaki sudah dipanggang sebelumnya dan dijual dalam kemasan.

BAHAN:

4 butir telur

100 gram gula pasir

2 sendok makan madu

1/2 sendok teh garam

250 gram tepung terigu protein sedang

1 sendok teh baking powder

120 ml susu cair

Bahan Isi :

50 gram kacang merah, rebus

30 gram gula pasir

125 ml santan dari 1 butir kelapa

1 lembar daun pandan

1/8 sendok teh garam

1/2 sendok makan margarin

Cara membuat:

  1. Kocok telur, gula pasir, madu, dan garam sampai kental.Tambahkan tepung terigu dan baking powder bergantian dengan susu cair sambil diayak dan diaduk rata
  2. Panaskan wajan dadar. Tuangkan 1 sendok makan adonan. Biarkan mengembang. Balik adonan. Sisihkan.
  3. Isi :  masak kacang merah, gula pasir, santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai kalis. Tambahkan margarin. Aduk rata.
  4. Ambil dorayaki. Oles bahan isi. Tutup dengan dorayaki yang lain

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home